BARUS, REGITA TAMARA BR, 1505030174 (2019) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 053963 RAJA TENGAH TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (174kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (263kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (278kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (819kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (106kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Outdoor Study pada mata pelajaran IPA Materi Energi Panas di Kelas IV SD Negeri 053963 Raja Tengah T.A 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 053963 Raja Tengah T.P 2018/2019 yang berjumlah 44 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran Outdoor Study pada mata pelajaran IPA materi Energi Panas di Kelas IV SD Negeri 053963 Raja Tengah T.P 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari analisis data diperoleh pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 75.8% berkategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 78 dengan kategori baik, ketuntasan secara individu mencapai nilai KKM yaitu 70, secara klasikal telah lulus 86.36%, dengan nilai rata-rata 80.45. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Outdoor Study lebih baik pada mata pelajaran IPA materi Energi Panas di Kelas IV SD Negeri 053963 Raja Tengah lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Ability, The Results Of The Study, Methods Of Pool Study, The Conventional Learning | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2020 06:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2020 04:01 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/439 |
Actions (login required)
View Item |