HUBUNGAN KEDISIPLINAN GURU MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD SWASTA HARAPAN BARU MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SIHOMBING, OKTAVIANI, 1505030200 (2019) HUBUNGAN KEDISIPLINAN GURU MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD SWASTA HARAPAN BARU MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (80kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kedisiplinan guru mengajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Swasta Harapan Baru Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Harapan Baru Medan Kecamatan Medan Johor Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Swasta Harapan Baru Medan yang berjumlah 28 siswa. Sampel penelitian ini yaitu keseluruhan dari jumlah populasi yang berjumlah 28 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket berupa pernyataan sebanyak 22 dan dokumentasi digunakan untuk pengambilan data hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Harapan Baru Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil nilai rata-rata dari angket kedisiplinan guru mengajar (X) sebesar 72,21 dan nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas V sebesar 77,61. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh nilai r=0,8921. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 10,075 > ttabel 2,048. Dengan dimikian hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan guru mengajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Swasta Harapan Baru Medan tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teachers Discipline in Teaching, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Mar 2020 07:53
Last Modified: 16 Mar 2020 07:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item