PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN TA.2018/2019

TARIGAN, DELLA RUNA BR, 1505030278 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN TA.2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (421kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (641kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (216kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Panas Di Kelas IV SD Negeri 068003 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 068003 Medan Tuntungan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 068003 Medan Tuntungan yang berjumlah 50 siswa serta sampel penelitian yang dibagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Energi Panas setelah menggunakan Model Pembelajaran Make A Match di kelas IV SD Negeri 068003 Medan Tuntungan 2018/2019, diperoleh nilai rata-rata 82,57 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas setelah menggunakan Pembelajaran Konvensional di kelas IV SD Negeri Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2018/2019, diperoleh nilai rata-rata 76,23. Dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA materi energi panas di kelas IV SD Negeri 068003 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Make A Match Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Mar 2020 08:00
Last Modified: 20 Mar 2021 05:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item