PERAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS IV SD SWASTA AL-MUTTAQIEN MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SHINTA, NURLIZA DWI, 1505030109 (2019) PERAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS IV SD SWASTA AL-MUTTAQIEN MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (219kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (98kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan budi pekerti sebagai pembentukan karakter siswa di kelas IV SD Swasta Al-Muttaqien Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa kelas IV SD Swasta Al-Muttaqien Medan, dan sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas IV SD Swasta Al-Muttaqien karena teknik pengambilan sampel merupakan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai raport siswa akhir semester pada tanggal 29 bulan Juni. Bentuk-bentuk penerapan pendidikan budi pekerti di SD Swasta Al-Muttaqien Medan adalah Mengikuti upacara bendera setiap hari senin, Berdoa sebelum melakukan kegiatan belajar, Ketika dengan guru atau teman melakukan senyum, sapa dan salam, Membiasakan menghormati guru atau yang lebih tua, Mengikuti ibadah setiap hari, Membiasakan mengikuti tata tertib sekolah (aturan), Membiasakan menjaga kebersihan dan kerapian kelas, Membiasakan giat belajar (menuntut ilmu), Membiasakan saling menghargai dan menyayangi sesama teman, dan Membiasakan rendah hati dan selalu bersyukur. Pada angket terdapat empat pilihan jawaban dan teknik pemberian skor berdasarkan skala Liker, yaitu 1-4. Dari hasil penelitian diperoleh data analisis 15 pernyataan dengan nilai perhitungan pendidikan budi pekerti sebesar 42,45% yang menyatakan bahwa peran pendidikan budi pekerti akan mempengaruhi pembentukan karakter siswa dan masuk dalam kategori baik. Sehingga pendidikan budi pekerti yang terdapat di SD Swasta Al-Muttaqien Medan adalah baik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Character Education, Character
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 370.1 Philosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Mar 2020 08:16
Last Modified: 16 Mar 2020 08:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item