PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS V SDN 101851 KWALA LAU BICIK TAHUN AJARAN 2018/2019

TARIGAN, EGY ANGGREYNI, 1505030066 (2019) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS V SDN 101851 KWALA LAU BICIK TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (80kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (40kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan materi sifat-sifat cahaya melalui pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. penelitian ini dilaksanakan di SDN 101851 Kwala Lau Bicik Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101851 Kwala Lau Bicik yang berjumlah 25 siswa sekaligus menjadi sampel pada penelitian ini dikarenakan jumlah populasi relatif kecil. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan analisis data yang digunakan untuk mengetahui rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independen antara dua faktor. Dari analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa menggunakan pendekatan konstruktivisme diperoleh nilai rata-rata 77.20, menggunakan kreativitas belajar diperoleh nilai rata-rata 74.00 dan ada pengaruh yang signifikan kreativitas belajar terhadap hasil belajar IPA melalui pendekatan konstruktivisme siswa di kelas V SD Negeri 101851 Kwala Lau Bicik Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Creativity, Constructivism Approach, Student Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN. 0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Mar 2020 08:39
Last Modified: 20 Mar 2021 04:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item