PENGARUH WAKTU PEMBELAJARAN DAN SUASANA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENGAN TANI KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN T.A 2018/2019

SIMANULLANG, NATARIA, 1505030101 (2019) PENGARUH WAKTU PEMBELAJARAN DAN SUASANA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENGAN TANI KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (799kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (250kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (496kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Waktu Pembelajaran Dan Suasan Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas IV Negeri 064023 Kemengan Tani 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemengan Tani Tahun Ajaran 2018/2019, pada tanggal 8April 2019 dengan populasi seluruh kelas IV-a dan IV-b SD Negeri 064023 Kemengan Tani yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan metode dan teknik pengambilan sampel diambil semua sekaligus sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi yaitu sebanyak 50 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrument yang digunakan untuk mengukur Waktu Pembelajarn dan Suasana Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPS Berupa angket dan nilai ulangan harian Semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya korelasi antara Waktu Pembelajaran dan Susana Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPS siswa kelas IV-a yaitu yaitu r_(hitung ) sebesar 0,8963 dan kelas IV-b r_(hitung ) sebesar 0,8719 yang berkategori kuat artinya 82% faktor waktu pembelajaran dan suasana kelas terhadap prestasi belajar IPS. Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara waktu pembelajaran dan suasana kelas terhadap prestasi belajar IPS. Sedangkan 8% lagi dipengaruhi oleh faktor lainnya.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh waktu pembelajaran dan suasan kelas terhadap prestasi belajar IPS didalam keseluruhan siswa kelas IV-a dan IV-b SD Negeri 064023 Kemengan Tani dan terdapat pengaruh waktu pembelajaran dan suasan kelas terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 064023 Kemengan Tani.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning time, Class Atmosphere, Social Studies Learning Achievement
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 370.19 Sociology Of Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Mar 2020 08:48
Last Modified: 16 Mar 2020 08:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item View Item