PENGARUH MEMBIASAKAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN IDE POKOK CERITA PADA SISWAKELAS IV SD NEGERI 101816PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2018/2019

ARITONANG, MERIANASARI BORU, 1505030259 (2019) PENGARUH MEMBIASAKAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN IDE POKOK CERITA PADA SISWAKELAS IV SD NEGERI 101816PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (540kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (471kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (292kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (686kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Membiasakan Membaca terhadap kemampuan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok Cerita pada kelas Iv SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan populasi 49 siswa dan sampel kelas IV- A 25 siswa dan kelas IV-B 24 siswa.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan pre-test post-test desain. Hasil pre test kedua sampel menunjukkan kemampuan awal kedua kelas sama sehingga dapat dilakukan perilaku yang berdeda yaitu kelas IV-A sebagai kelas Eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas Kontrol. Hasil analisis uji prasyarat ditemukan bahwa data post test kelas kontrol dan kelas eksperimen telah berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis ditemukan x^2=6,78>x_tabel^2= 5,99. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_1 diterima.Berdasarkan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa ada pengaruh membiasakan membaca terhadap kemapuan siswa dalam menyimpulkan ide pokok cerita pada siswa kelas IV SD Negeri 101816 Pancur Batu T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Familiarize Reading, Student Abilities, Bacis Ideas
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Mar 2020 08:52
Last Modified: 18 Nov 2020 09:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item