ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERKALIAN PADA BILANGAN BULAT POSITIF KELAS IV SD INTERNASIONAL PUTRI DELI TAHUN AJARAN 2018/2019

BARUS, EVA CLARA, 1505030354 (2019) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERKALIAN PADA BILANGAN BULAT POSITIF KELAS IV SD INTERNASIONAL PUTRI DELI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (95kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (806kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa mengerjakan soal operasi hitung perkalian bilangan bulat positif dan untuk mengetahui faktor penyebab siswa merasa sulit mengerjakan operasi hitung perkalian bilangan bulat positif khususnya cara bersusun panjang dan mendatar. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Internasional Putri Deli. Dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Internasional Putri Deli berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data yang dingunakan berupa Tes, Angket, dan Wawancara.Sebelum dilaksanakan tes di uji cobakan terlebih dahulu, setelah uji coba angket maka dilaksanakan penelitian,terlebih dahulu penyebaran tes kemudian baru penyebaran angket yang sudah di ujicoba,setelah penyebaran angket maka dilaksanakan wawancara kepada siswa yang mendapatkan nilai belum tuntas. Berdasarkan data hasil analisis kesulitan siswa menyelesaikan perkalian bilangan bulat positif terletak pada sulitnya siswa mengerjakan soal dengan cara bersusun panjang dan mendatar serta siwa belum menghafal perkalian. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada materi perkalian bilangan bulat positif yaitu faktor belajar siswa, faktor kesehatan siswa, faktor motivasi siswa, faktor cara mengajar guru, faktor displin guru, faktor biayaya pendidikan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficuty Learning Counting Operations Multiplying Positive Integers
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, M.Pd-NIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Mar 2020 09:05
Last Modified: 21 Nov 2020 04:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item