PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE PAIRED STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI KELAS IV SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2018/2019

BATU, SANTI ONI LUMBAN, 1505030396 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE PAIRED STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI KELAS IV SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (505kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (545kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (453kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran model Paired Story Telling dan pembelajaran model konvesional pada materi perkembangan teknologi transportasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 064025 Medan Tuntungan pada tanggal 26 April 2019. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kurang maksimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan materi pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tuntungan berjumlah 52 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang berbentuk essay. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas IV-A yaitu 52,30 dan hasil rata-rata kelas IV-B yaitu 52,20. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran maka diperoleh nilai rata-rata kelas IV-A dengan penggunaan model Paired Story Telling yaitu 82,52 dan nilai rata-rata kelas IV-B dengan penggunaan pembelajaran konvensional yaitu 76,88. Maka nilai rata-rata meningkat 5,64% dari 76,88 menjadi 82,52. Pengujian normalitas menggunkan rumus uji lilifors sehingga diperoleh 0,1628 = 7,73 dan = 5,99 karena >. Maka dapat hasil data test kelas IV-A yaitu 0,1469 dan kelas IV-B yaitu 0,1359 dengan kesimpulan data diterima karena kriteria normalitas adalah Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen antara dua faktor. sehingga diperoleh hasil data post test kelas IV-A dan IV<-B yaitu= disimpulkan bahwa ada pengruh penggunaan model Paired Story Telling pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi transportasi kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Results, Cooperative Model Type Paired Story Telling, Conventional Models
Subjects: 300 Sosial Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IR.L. Holmes Parhusip, M.Pd-NIDN. 0128098002
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Mar 2020 06:48
Last Modified: 23 Nov 2020 04:49
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item