ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYIMAK MATERI CERITA PENDEK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019

ARITONANG, MARTINA VERONIKA, 1505030115 (2019) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYIMAK MATERI CERITA PENDEK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (734kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (206kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (98kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi dan daya ingat siswadalam pembelajaran menyimak di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani T.A 2018/2019. Populasi berjumlah 29 siswa dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk memperoleh data secara sistematis, faktual,dan akurat. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil tes pada penelitian diperoleh nilai kesulitan menyimak siswa dengan persentase sebanyak 14 orang siswa (48%) memiliki kriteria baik, sebanyak 10 orang siswa (35%) memiliki kriteria cukup, dan sebanyak 5 orang siswa (17%) memiliki kriteria kurang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani memiliki kesulitan menyimak cukup. Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa saat menyimak adalah faktor daya tangkap kurang, faktor kesulitan dalam berbahasa , faktor menyimak tidak susngguh-sungguh, faktor malas, faktor kondisi kelas yang tidak kondusif, dan faktor gagguan dari teman/ luar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Listening
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, M.Pd-NID. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Mar 2020 06:58
Last Modified: 18 Nov 2020 08:50
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item