PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDIOTORY, VISUAL, INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101826 TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2018/2019

NAIBAHO, RANI, 1505030252 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDIOTORY, VISUAL, INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101826 TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (622kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (709kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (900kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (408kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada sub materi pokok Energi dan Perubahannya pada siswa kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran Konvensional. Untuk mengetahui pengaruh model pembalaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada sub materi pokok Energi dan Perubahannya pada siswa kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 51 orang siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 25 orang siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelaaran SAVI dan 26 orang siswa kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji t dua pihak.Hasil dari penelitian ini adalah (1). Nilai rata rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada sub materi pokok Energi dan Perubahannya pada siswa kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan Tahun Ajaran 2018/2019 Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang yang diajar dengan model pembelajaran SAVI sebesar 79,80. Siswa yang tuntas secara individu sebanyak 21 orang dari 25 orang siswa (84,00%) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tuntas . (2). Nilai rata rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada sub materi pokok Energi dan Perubahannya pada siswa kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan tahun ajaran 2018/2019 Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang yang diajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 71,54. Siswa yang tuntas secara individu sebanyak 14 orang dari 26 orang siswa (53,85%) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dikatan tidak tuntas . (3). Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok Energi danPerubahannya pada siswa kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan tahun ajaran 2018/2019 Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian statistic secara infrensial yaitu nilai t_hitung=3,26 dan t_tabel=2,01 dengan α = 0,05 dan dk = 49 sehingga t_hitung>t_tabel atau 3,26>2,01.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effect of SAVI Model, Science Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 196702251998012001
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:02
Last Modified: 10 Feb 2021 02:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item