ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA SISWA KELAS V SD N 040574 BUNGA BARU SEMESTER II T.A 2018/2019

GURUSINGA, EFRAIM, 1505030339 (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA SISWA KELAS V SD N 040574 BUNGA BARU SEMESTER II T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (361kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (632kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan siswa dan faktor kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berepyebut tidak sama. Penelitian ini dilakasanakan di kelas V SDN 040574 bunga baru Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 040574 Bunga baru dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V 040574 bunga baru yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian ini yang digunakan adalalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara. Teknik analaisis data deskeriftif. Dari hasil analisis data menunjukan (1) Kesulitan siswa dalam belajar materi menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama meliputi pada kurang paham dalam menyamakan penyebutnya, dimana siswa masih kesulitan dalam menjumlahkan dan mengurangkan, keterampilan, dimana siswa kesulitan pada soal pemecahan masalah.(2)Faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama adalah faktor minat terhadap pembelajaran menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama, kecakapan dalam menyelesaikan persoalan menjumlahkan dan menngurangkan pecahan berpenyebut tidak sama.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulties Learning Mathematics, The Cause Of Difficulties The Trouble Of Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, M.Pd-NID. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:41
Last Modified: 18 Dec 2020 07:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item