PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TTW (THINK, TALK, WRITE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2018/2019

SILAEN, ROSAULI, 1505030082 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TTW (THINK, TALK, WRITE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (698kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (502kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (607kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperative tipe TTW (Think, Talk, Write)terhadap keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SD Negeri 060938 Kwala Bekala, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala, Medan Johor, Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang siswa yang terbagi dari 2 kelas yaitu kelas IV-A dan Kelas IV-B. Sampeldalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 29 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian inia dalah quasi eksperimendengan menggunakan model pembelajaran kooperative tipe TTW (Think, Talk, Write)dengan alat pengumpulan data yaitu Tes berupa LKS yang telah disiapkan oleh peneliti. Dari hasil penelitian yang dilakukan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 59,50dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperative tipe TTW (Think, Talk, Write) memperoleh nilai rata-rata78,68. Berdasarkan analisis data hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung= -0,61613 < ttabel= 1,7061 karena thitung < ttabel sehingga Ho diterima dan H1 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperative tipe TTW (Think, Talk, Write)tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa dikelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala, Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Writing Skill, TTW Cooperative Learning Model (Think,Talk, Write)
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:48
Last Modified: 17 Mar 2020 07:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item