ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PADA PARAGRAF DI KELAS IV SD SWASTA HARAPAN BARU MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

MANIHURUK, MARIANA BR, 1505030291 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PADA PARAGRAF DI KELAS IV SD SWASTA HARAPAN BARU MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (58kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui kemampuan siswa menentukan ide pokok pada paragraf siswa kelas IV SD Swasta Harapan Baru Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Harapan Baru Medan Kecamatan Medan Johor Tahun Ajaran 2018/2019.Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Swasta Harapan Baru Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A dan IV B berjumlah 43 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan wawancara. Soal pilihan ganda sebanyak sepuluh soal dan wawancara digunakan untuk pengambilan data hasil belajar siswa kelas IV SD Swasta Harpan Baru Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil nilai rata-rata dari tes sepuluh pilihan berganda yang di selesaikan siswa diperoleh nilai 73,02 dan nilai rata-rata kemampuan menentukan ide pokok pada paragraf siswa kelas IV SD Swasta Harapan Medan Baru dikategorikan cukup mampu. Faktor yang menyebabkan kesulitan siswa menentukan ide pokok pada paragraf siswa kelas IV SD Swasta Harapan Baru Medan Tahun Ajaran 2018/2019 adalah panjang pendeknya paragraf dan letak kalimat utama.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Abilities, Main Ideas, Paragraphs
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Mar 2020 09:26
Last Modified: 29 Jan 2021 07:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item