HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS V SD SWASTA RK. FR. XAVERIUS NAMO RAMBE T.A 2018/2019

KRISTIANI, MARIA, 1505030392 (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS V SD SWASTA RK. FR. XAVERIUS NAMO RAMBE T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (241kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (659kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (106kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Kebiasaan belajar timbul karena proses kecenderungan respon dengan menggunakan stimulasi yang berulang-ulang. Kebiasaan belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas V SD Rk. Fr. Xaverius dengan jumlah siswa 40 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode total sampling yakni mengambil seluruh anggota populasi menjadi sampel penelitian sehingga ada 40 sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya kebiasaan belajar siswa kelas V SD swasta RK. FR. Xaverius Namo Rambe adalah cukup baik. Hal ini diindikasikan oleh mayoritas responden memiliki kebiasaan belajar tingkat sedang yakni sebanyak 19 orang ( 47.5%). Pada umumnya prestasi belajar yang yang dicapai siswa kelas V SD swasta RK. FR. Xaverius Namo Rambe adalah cukup baik. Hal ini diindikasikan oleh mayoritas responden memiliki prestasi belajar yang cukup baik yakni sebanyak 22 orang (55.0%). Ada korelasi kuat dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa. Hal ini diindikasikan oleh nilai signifikansi (p-value) = 0.01 < 0.05 dan t-hitung korelasi = 0.685 berada diantara 0.60 – 0.799. Kepada SD swasta RK. FR. Xaverius Namo Rambe, disarankan untuk lebih meningkatkan kebiasaan belajar sehingga prestasi belajar siswa dapat lebih dimaksimalkan. Kepada siswa SD swasta RK. FR. Xaverius Namo Rambe, disarankan untuk lebih memperbaiki kebiasaan belajar yang kurang baik sehingga prestasi belajar siswa dapat lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Study Habits, Learning Achievement
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pd-NIDN. 0103118701
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN. 004048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Mar 2020 09:30
Last Modified: 23 Jan 2021 05:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item