PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2018/2019

PERANGIN ANGIN, HANI ARISTA, 1505030035 (2019) PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga di Kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor yang berjumlah 53 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan Alat Peraga dengan alat pengumpul data yaitu test dalam berupa pilihan berganda. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Post Test, hasil belajar siswa yang menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas V memperoleh nilai rata-rata79,25 sedangkan yang menggunakan pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 72,27. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Props , Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Mar 2020 09:34
Last Modified: 23 Feb 2021 05:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item