PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 040457 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2018/2019

MANALU, ANGELA ROSE MYARTY BR, 1505030182 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 040457 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (287kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (100kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor study dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam di Kelas III SD Negeri 040457 Berastagi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 040457 Berastagi yang berjumlah 46 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian yag terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dan pengujian independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam setelah menggunakan metode pembelajaran outdoor study di kelas III SD Negeri 040457 Berastagi, diperoleh nilai rata-rata 79,58. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam setelah menggunakan pembelajaran konvensional di kelas III SD Negeri 040457 Berastagi, diperoleh nilai rata-rata 76,82. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh dalam penggunaan metode pembelajaranOutdoor Study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas III SD Negeri 040457 Berastagi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Outdoor Study Learning Methods, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:18
Last Modified: 29 Jan 2021 07:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item