PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.A 2018/2019

GIAWA, YARI YANI, 1505030149 (2019) PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (509kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (262kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (386kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (105kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Model Talking Stick di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2018/2019. Ada pun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi menggelompokkan benda berdasarkan asalnya. Populasi siswa kelas IV sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 39 orang dan kelas kontrol 39 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 80,99 dan rata-rata hasil belajar di kelas control 66,27. Tabel frekuens nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Talking Stick dikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua factor dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh = 29,36 > (0,95)(2) = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Results, Talking Stick Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pd-NIDN. 0103118701
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:38
Last Modified: 07 Dec 2020 03:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item