STUDI MINAT BACA SISWA KELAS IV SDN 101826 TUNTUNGAN II PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2018/2019

INDRIANI, NOVIA, 1505030315 (2019) STUDI MINAT BACA SISWA KELAS IV SDN 101826 TUNTUNGAN II PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (227kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (98kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali informasi lebih jauh tentang Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat membaca siswa, Hal apa saja yang dilakukan siswa untuk mengisi waktu luang, Hal apa yang harus dilakukan untuk mempengaruhi minat baca siswa, Buku apa saja yang sering dibaca oleh siswa dan Kondisi minat membaca siswa di perpustakaan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 juni 2019 bertempat diSDN 101826 Tuntungan II. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 101826 Tuntungan (1). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling). Penelitian diskriptif adalah penelitian yang memberikan gambaran tentang suatu permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Inventori Minat Siswa Model Safran (Safran Students Interest). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden diperoleh data sebagai berikut : (1) Minat membaca siswa kelas IV SDN 101826, secara umum termasuk ke dalam kategori sedang dengan perincian: 10 orang (33.33%) sering membaca buku, 8 orang (23.67%) kadang-kadang membaca buku, 9 orang (30.00%) selalu membaca buku dan hanya 3 orang (10.00%) tidak pernah membaca buku. 17 orang (56.67%) sering ke perpustakaan, 7 orang (23,33%) kadang-kadang ke perpustakaan, 5 orang (16,67%) selalu ke perpustakaan dan hanya 1 orang (3,33%) yang tidak pernah keperpustakaan.siswa yang berkunjung ke perpustakaan hobi membaca buku, yaitu sebanyak 15 orang (50.00 %), sedangkan 5 orang (16.67%) berkunjung hanya untuk memanfaatkan waktu luang. untuk membaca buku atau intens berkunjung ke perpustakaan, 3 orang (10.00%) berkunjung hanya ada tugas dari guru dan 6 orang (20.00%) mengikuti teman, 6, Membaca diluar jam pelajaran sebanyak 5 orang (16.67%) selalu, 9 orang (30.00%) sering, 9 orang (30.00%) kadang-kadang dan hanya 7 orang (23.33%) tidak pernah membaca buku di luar jam pelajaran. membaca buku elektronik sebanyak, 2 orang (6.67%) selalu membaca buku elektronik, 8 orang (26.67%) sering membaca buku elektronik, 15 orang (50.00%) kadang-kadang membaca buku elektronik dan 5 orang ( 16.67%) tidak pernah membaca buku elektronik.Kesimpulan penelitian ini adalah minat membaca siswa kelas IV SDN 101826 Tuntungan II PancurBatu tergolong sedang; frekuensi berkunjung sedang dan bertujuan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru sehingga buku yang dicaripun adalah buku pelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading Interest
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 196702251998012001
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:49
Last Modified: 21 Jan 2021 03:46
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item