PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DISKUSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 046577 MUNTE KEC. MUNTE KAB. KARO T.A 2018/2019

PERANGIN ANGIN, HARI PRANATA, 1505030287 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DISKUSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 046577 MUNTE KEC. MUNTE KAB. KARO T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019. Untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 42 orang siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 21 orang siswa kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran sosiodrama dan 21 orang siswa kelas kontrol yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji t dua pihak. Hasil dari penelitian ini adalah (1). Nilai rata-rata kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran sosiodrama sebesar 80,48. Siswa yang tuntas secara indivudu pada kelompok pengajaran sosiodrama ada sebanyak 17 orang dari 21 orang siswa (80,95%) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. (2) Nilai rata-rata kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 66,19. Siswa yang tuntas secara individu pada kelompok pengajaran konvensional ada sebanyak 6 orang dari 21 orang siswa (35,29%) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tidak tuntas secara klasikal. (3) Hasil pengujian statistik secara infrensial diperoleh nilai t_hitung=4,79 dan t_tabel=2,02 dengan α = 0,05 dan dk = 49 sehingga t_hitung>t_tabel atau 3,26>2,01. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Use Of Sociodrama Methods On Speaking Skills Of Students Discussion
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd., M.Pd-NIDN. 01040408903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:53
Last Modified: 23 Feb 2021 06:56
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item