ANALISIS PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA SEMESTER GENAP KELAS IV SD NEGERI 050639 MARYKE TAHUN AJARAN 2018/2019

SEMBIRING, DINDA ALPONSA BR, 1505030226 (2019) ANALISIS PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA SEMESTER GENAP KELAS IV SD NEGERI 050639 MARYKE TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (843kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial teaching pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 050639 Maryke semester genap kelas IV tahun ajaran 2018/2019. Pelaksanaan remedial teaching meliputi persiapan, pelaksanan kegiatan, dan evaluasi (hasil dan tindak lanjutnya). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek guru kelas IV. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti merupakan instrumen utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan remedial teaching di SD Negeri 050639 Maryke Tahun Ajaran 2018/2019. berkategori cukup sesuai dengan persentasi 68,75%. Kendala kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan remedial teaching yaitu (1) Ruangan dan tempat remedial teaching tidak tersedia. (2) Waktu yang tidak tersedia karena guru harus mengejar materi yang terdapat pada silabus. (3) Pelaksanaan remedial teaching dapat mengganggu proses belajar mengajar pada bidang studi lain. (4) Beban mengajar guru terlalu banyak dan guru harus melengkapi, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, wali kelas dan tuntutan kepala sekolah yang harus dicapai. (5) Minat belajar siswa yang masih kurang. (6) Menyesuaikan kembali tugas dan tes agar tidak sama dengan materi yang diberikan sebelumnya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation of Remedial Teaching, Science Subjects
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:09
Last Modified: 19 Mar 2020 03:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item