PENGARUH PENERAPAN LITERASI MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD SWASTA PARULIAN I DAN SD SWASTA ST ANTONIUS MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

BARUS, SAYNINTA ALEMINA, 1505030253 (2019) PENGARUH PENERAPAN LITERASI MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD SWASTA PARULIAN I DAN SD SWASTA ST ANTONIUS MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (780kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (827kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (98kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada sekolah yang belum menerapkan literasi membaca dan sekolah yang sudah menerapkan literasi membaca serta apakah ada pengaruh hasil belajar bahasa Indonesia siswa setelah diterapkannya literasi membaca. Literasi Membaca adalah suatu kemampuan membaca yang dilakukan oleh siswa, dimana siswa bukan hanya sekedar membaca tetapi siswa mampu memahami, menemukan informasi, serta dapat merefleksi dan mengevaluasi bacaan yang ia baca. Membaca diartikan sebagai kegiatan membangun makna, menggunakan informasi dari bacaan secara langsung dalam kehidupan, dan mengaitkan informasi dari teks dengan pengalaman membaca. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Ex Post Facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Parulian I yang berjumlah 26 siswa dan Sd Swasta st Antonius yang berjumlah 26 jumlah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan tes soal dalam bentuk pilihan berganda kepada siswa. Tetapi, sebelum memberikan tes soal tersebut, peneliti terlebih dahulu menguji coba soal di sekolah lain. Dan pada pengolahan data, peneliti menggunakan rata-rata, simpangan baku, normalitas data dengan uji liliefors, homogenitas varians dan uji independen dua faktor untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah yang sudah menerapkan literasi membaca masuk dalam kategori baik dengan diperoleh rata-rata sebesar 77,69. Sedangkan hasil belajar bahasa Indonesia yang tidak menerapkan literasi membaca masuk kedalam kategori yang baik pula setelah dilihat dari tabel kriteria hasil belajar dengan di peroleh rata-rata sebesar 66,53.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literacy Reading, Results of Learning Indonesian
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIEka Oksani Harahap, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0127108307
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:47
Last Modified: 23 Nov 2020 04:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item