ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI SDN 106832 SUKAMANDI HULU KEC. PAGAR MERBAU KAB. DELI SERDANG T.A 2018/2019

MUNTHE, SONIA DEWINTA, 1505030152 (2019) ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI SDN 106832 SUKAMANDI HULU KEC. PAGAR MERBAU KAB. DELI SERDANG T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (216kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (556kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (60kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui yang sebenarnya kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 106832 Sukamandi Hulu Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang dengan 10 guru dan 38 Siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif dan Teknik analisa data dalam penelitian ini angket yang berupa pernyataan sebanyak 22 butir dan wawancara sebanyak 8 soal yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan analisa angket pada guru kelas tinggi diketahui skor terendah 62% dan skor tertinggi 78% dengan rata-rata 76,817, Berdasarkan hasil penelitian, bagi kepala sekolah hendaknya membuat kebijakan sekolah yang berkaitan dengan ketersediaan. Kepala sekolah dapat menunjuk salah satu guru atau staff karyawan sebagai petugas pemeliharaan media agar media yang ada dapat dirawat dengan baik. Apabila terdapat media yang rusak, dapat segera diperbaiki atau membeli lagi melalui dana bos damping, sehingga tidak terjadi kekosongan media pada jenis tertentu. Selain itu, hendaknya guru memiliki inisiatif dan kemauan dalam mempelajari dan memahami media IPA sehingga tidak mengalami kesulitan dalam memanfaatkan media dalam proses pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Availability Of Media, Media Use IPA
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IR.L. Holmes Parhusip, M.Pd-NIDN. 0128098002
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pd-NIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:51
Last Modified: 29 Jan 2021 09:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item