HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 040457 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEMBIRING, DEVITA BR, 1505030390 (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 040457 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (489kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data laporan nilai atau rapor siswa kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi khususnya semester 1. Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analsis deskriptif untuk melihat bagaimana fenomena melalui tingkat persentase dengan analisis regresi sederhana. Data yang diperoh pada penelitian ini adalah data sekunder dari rapor siswa-siswi kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mata pelajaran pendidikan agama yang meraih nilai paling banyak berada pada interval 77-88 kategori “B” yaitu sangat baik sebanyak 56,67%. Sedangkan nilai paling tinggi 89-100 kategori “A” (amat baik) dengan jumlah 13,33%. PPKN paling tinggi yaitu nilai interval 65-76 kategori “C” (cukup) adalah 73,33% sedangkan paling sedikit adalah interval nilai 77-88 yaitu “B” (baik) adalah 26,67%. Untuk bahasa indonesia paling sedikit adalah interval 77-88 yaitu “B” (baik) adalah 10%. Sementara untuk interval 65-76 kategori “C” (cukup) adalah 90%. Matematika nilai paling tinggi yaitu 77-88 kategori “B” (baik) adalah 16,67% sementara paling banyak siswa-siswi kelas IV meraih nilai pada interval 65-76 kategori “C” (cukup) adalah 83,33%. Mata pelajaran IPA interval 65-76 adalah kategori “C” (cukup) adalah 83,33% dan 77-88 adalah kategori “B” (baik) sebesar 16,67%. Untuk mata pelajaran IPS interval nilai 65-76 kategori “C” (cukup) adalah 80% sedangkan sisanya adalah pada interval nilai 77-88 kategori “B” (baik) sebesar 20%. Mata pelajaran seni budaya dan prakarya untuk interval nilai 65-76 kategori “C” (cukup) adalah 66,67% sedangkan untuk interval nilai 77-88 kategori “B” (baik) adalah 33,3%. Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan paling banyak pada nilai interval 77-88 sebesar 80% dengan kategori “B” (baik). Sementara paling sedikit adalah 65-76 sebanyak 3,33% dengan kategori “C: (cukup). Sedangkan bahasa Inggris adalah 77-88 kategori “B” (baik) adalah 56,67%. Sementara jumlah perolehan nilai pada interval 65-76 dengan kategori “C” (cukup) sebesar 43,33%. Sementara pada analisis regeresi sederhana menunjukkan bahwa bahwa tidak ada hubungan/pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi (setiap mata pelajaran) belajar siswa kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Education, Lessons, Intervals, Achievements, Semester, Report Card
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 370.19 Sociology Of Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:56
Last Modified: 19 Mar 2020 07:56
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item