PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA CERPEN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2018/2019

HASUGIAN, SORTA BENEDECTA, 1505030263 (2019) PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA CERPEN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (90kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (763kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman membaca cerpen siswa dan pengaruh metode tanya jawab terhadap peningkatan pemahaman membaca cerpen pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment.penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan. Yang berjumlah 49 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas parallel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes penugasan membaca dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji t, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis digunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pemahaman membaca cerpen siswa setelah menggunakan metode tanya jawab di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 82,40 dan pemahaman membaca cerpen siswa setelah menggunakan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 74,17. Dan ada pengaruh yang signifikan metode tanya jawab terhadap peningkatan pemahaman membaca cerpen pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 064023 kemenangan Tani Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Increasing Understanding Of Short Story Reading Method Of Question And Answer
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IGemala Widiyarti, M.Pd-NIDN. 0123098602
Pembimbing IISiti Rakiyah, S.Pd., M.Hum-NIDN. 0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 08:08
Last Modified: 20 Jan 2021 08:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item