PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI CARA MENCEGAH BANJIR DI KELAS V SD NEGERI 101996 BATU RATA KECAMATAN BANGUN PURBA TAHUN AJARAN 2018/2019

DAMANIK, SANTI, 1505030296 (2019) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI CARA MENCEGAH BANJIR DI KELAS V SD NEGERI 101996 BATU RATA KECAMATAN BANGUN PURBA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (439kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (694kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (119kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA dengan mengunakan metode Outdoor Study dan pembelajaran Konvensional pada Materi Cara Mencegah Banjir. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101996 Batu Rata pada tanggal 15 Mei 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101996 Batu Rata yang berjumlah 40 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas pararel metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Analisis data dari pengujian hipotesis dengan mengunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa dengan mengunakan metode pembelajaran Outdoor Study dalam pembelajaran IPA materi Cara Mencegah Banjir di kelas V SD Negeri 101996 Batu Rata Tahun Ajaran 2018/2019 pada Siklus I yaitu siswa yang tuntas dengan rata-rata 69,8 dan siklus II dengan rata-rata 81,55. Hasil belajar siswa pada Materi Cara Mencegah Banjir mengunakan Metode Pembelajaran Outdoor Study memperoleh rata-rata 81,55 dan pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata 72,1. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada Materi Cara Mencegah Banjir menerapkan Metode Pembelajaran Outdoor Study lebih baik dari pada menerapkan Metode Konvensional di SD Negeri 101996 Batu Rata Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Study, The Results Of The Study
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 196702251998012001
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN. 0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 08:56
Last Modified: 24 Nov 2020 04:40
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item