PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS IV SD 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR T.A 2018/2019

BARUS, TESALONIKA BR, 1505030147 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS IV SD 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (402kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (681kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (118kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar Tahun Ajaran 2018/2019. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 068003 Peumnas Simalingkar yang berjumlah 41 orang yang terbagi 2 kelas. Dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 41 siswa. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan alat pengumpul data yaitu test dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal. Dari Hasil penelitian yang dilakukan pada perhitungan test akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas menggunakan model Problem Based Learning (PBL) 85,22 dan rata-rata hasil belajar di kelas konvesional 76,67. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas menggunkan keterampilan mengajar guru dan kelas konvesioanl dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi data Hasil post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian digambarkan ke dalam bentuk diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas eksperimen dan pembelajaran konvesional di kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Lingkungan di Kelas IV SD 068003 Perumnas Simalingkar Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL) Models
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 196770225199812001
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, M.Pd-NIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:06
Last Modified: 23 Nov 2020 04:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item