PENGGUNAAN MODEL CAR SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 040457 BERASTAGI 2018/2019

INDRIYANI, NOVA, 1505030249 (2019) PENGGUNAAN MODEL CAR SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 040457 BERASTAGI 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (411kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (583kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil peningkatan belajar siswa setelah menggunakan model card sort pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan langit di kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi TP.2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denggan menggunakan model card sort penelitian ini dilakukan di SD Negeri 040457 Berastagi TP. 2018/2019.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi TP. 2018/2019 sebanyak 36 orang. Yang menjadi objek penelitian adalah model card sort dalam pelajaran IPA dengan pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan langit di kelas IV SD Negeri 404057 Berastagi TP. 2018/2019. Alat pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah Observasi dan Tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh nilai 59,7% atau berkategori cukup. Observasi guru pada siklus II memperoleh 69,7% atau berkategori baik. Observasi pada aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 68,99 atau berkategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai 88,89 atau berkategori baik.Dari hasil analisis data pada siklus I hasil belajar diperoleh 26 siswa (72,22%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 10 siswa (27,78%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 61,17. Dari hasil analisis data pada siklus II di peroleh 31 siswa (86,11%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 5 siswa (13.89%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 78.05. Simpulan data penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan model Card Sort pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi TP. 2018/2019 berkategori baik dan hasil belajar IPA meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Card Sort, Learning Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:13
Last Modified: 21 Jan 2021 03:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item