PENGARUH METODE REKAM CATAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 105306 KERIAHEN TANI DELI SERDANG T.A 2018/2019

TAMBUNAN,TIARA SINA, 1505030265 (2019) PENGARUH METODE REKAM CATAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 105306 KERIAHEN TANI DELI SERDANG T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (222kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (499kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (179kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dari keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan metode pembelajaran Rekam Catat dengan Pembelajaran Konvensional di kelas IV SD Negeri 105306 Keriahen Tani Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105306 Keriahen Tani Deli Serdang pada tanggal 27 – 28 mei 2019 sebagai subjeknya adalah siswa kelas IVa dan IVb dengan jumlah siswa di kelas IVa ada 28 orang dan kelas IVb ada 28 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen karangan aspek – aspek dalm menulis deskripsi yang telah di validasi oleh validator.Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata – rata tea awal kelas IVa adalah dan rata – hasil belajar kelas adalah 63. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IVa dengan menggunakan metode pembelajaran Rekam Catat dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata – rata 84 sedangkan hasil belajar pada kelas IVb dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional memperoleh rata – rata 79.Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen dua faktor, siswa yang diajar dengan metode Rekam Catat memperoleh hasil rata – rata 84, siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Konvensional memperoleh hasil rata – rata 79.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Rekam Catat berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 105306 Keriahen Tani Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Record Method, Writing Skills
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:17
Last Modified: 22 Mar 2021 06:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item