ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PENGGUNAANNYA DI KELAS IV SD SWASTA SANTA LUSIA SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SIHALOHO, HANDOKO ANTHONIUS, 1505030416 (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PENGGUNAANNYA DI KELAS IV SD SWASTA SANTA LUSIA SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (656kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (106kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar IPA serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar IPA pada materi energi alternatif dan penggunaannya di kelas IV SD Swasta Santa Lusia Sei Rotan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Swasta Santa Lusia Sei Rotan JL. Medan-Batang Kuis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Santa Lusia Sei Rotan yang berjumlah 32 orang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD Swasta Santa Lusia Sei Rotan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar siswa yaitu kesulitan memahami konsep energi alternatif dan penggunaannya diperoleh rata-rata nilainya 63,43 dan dalam kriteria penilaian tergolong cukup dan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal materi energi alternatif dan penggunaannya diperoleh rata-rata nilainya 69,37 dan dalam kriteria penilaian tergolong cukup. (2) Pada faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu diri sendiri diperoleh rata-rata nilainya 68,43 dan dalam kriteria penilaian tergolong cukup dan minat belajar siswa diperoleh rata-rata nilainya 61,71 dan dalam kriteria penilaian tergolong cukup. (3) Pada soal tes, siswa sebagian mengalami kesulitan memahami konsep energi alternatif dan penggunaannya pada soal nomor 1,2, dan 3. Dan siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal energi alternatif dan penggunaannya pada soal nomor 4 dan 5 yaitu secara umum siswa banyak yang salah menjawab pertanyaan tersebut.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Difficulty Learning, Science Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:41
Last Modified: 20 Mar 2020 02:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item