PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 040457 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RINDIANI, DEA, 1505030466 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 040457 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (664kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (207kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (41kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Word Square dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi memahami lembaga-lembaga negara di kelas IV Tahun Pelajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Penelitian dilakukan di SD Negeri 040457 Berastagi.Adapun populasi dalam penelitian ini adalah sekuruh kelas IV yang berjumlah 69 orang dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IV-A dan kelas IV-B.Dalam penelitian ini kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan Model Pembelajaran Word Square dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan Model Pembelajran Konvensional.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk essay. Desain penelitian ini adalah memberikan pre tes dan post tes kepada kedua kelas tersebut. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Independent Antar Dua Faktor. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa hasil belajar PKn siswa pada materi memahami lembega-lembaga negara menggunakan Model Pembelajaran Word Square diperoleh rata-rata 81,06, sedangkan pada kelas yang menggunakan pembelajaran Konvensional diperoleh nilai rata-rata77,06. Nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar menggunakan pembelajaran Konvensional. Hasil data post tes, pengujian menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas IV-A (Model Word Square) dan kelas IV-B (Konvensional) diperoleh kelas IV-a dan IV-B yaitu nilai dan karena maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Word Square Learning Model
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, M.Pd-NIDN. 0106019101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 20 Mar 2020 03:08
Last Modified: 16 Mar 2021 08:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item