UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM DI KELAS VI SD NEGERI 040450 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FAENALIA, NIKE, 1505030099 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM DI KELAS VI SD NEGERI 040450 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (506kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (988kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (306kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran pakem pada mata pelajaran matematika di kelas VI SD Negeri 040450 Kabanjahe. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran pakem pada mata pelajaran matematika materiluaspermukaanbalokdankubus. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 68, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan presentase 60% dan rata-rata nilai siswa adalah 61.3. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkatmenjadi 76% dan observasi aktivitas siswa adalah 82, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan presentase 93% dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 86,1. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah berkategorikan baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dan hasil belajar siswa meningkat dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pakem pada materi luas permukaan balok dan kubus di kelas VI SD Negeri 040450 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research (CAR), Learning Outcomes, The PakemLearning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Tutiarny Naibaho, M.Pd-NIP. 196803061992032003
Pembimbing IJohanes Keliat, S.Pd., M.Pd--
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 20 Mar 2020 03:57
Last Modified: 07 Dec 2020 02:37
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item