RAHFANI, DELFI, 1405030276 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (980kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (10MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (789kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menjumlahkan pecahanpada mata pelajaran Matematikadengan menggunakan Alat Peraga Kartu Bilangan di kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor yang berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eskperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan Alat Peraga Kartu Bilangandengan alat pengumpul data yaitu test dalam berupa Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan Pelaksanaan Post Test menggunakan Alat Peraga Kartu Bilanganmemperoleh nilai rata-rata 78,13 dan Post test menggunakan model pembelajaran konvensionalmemperoleh nilai rata-rata 75,50. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan menggunakan Alat Peraga Kartu Bilanganterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi menjumlahkan pecahan di kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Influence, Number Card Props, Student Learning Outcomes Adding Fractions | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 511 Finite Mathematics 300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2020 04:19 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Mar 2021 07:55 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/542 |
Actions (login required)
View Item |