PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TARIGAN, LUKAS, 1505030033 (2019) PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (545kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (106kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada gaya magnet yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101864 Gunung Rintih. Kelas eksperimen adalah kelas IV-A dan kelas kontrol adalah kelas IV-B. Penelitian ini berlangsung pada bulan mei 2019 . Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data tes,disimpulkan bahwa terdapat pengaruh alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada gaya magnet, hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap data postest. Hasil ini menunjukkan bahwa t= 1.784>t =2.012. dari kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional si kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2018/2019. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 82.35 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 77.20, hal ini menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan alat peraga gaya magnet berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Props. Learning Outcomes, Multiple Choise, Magnet
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, M.Pd-NIDN. 0106019101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 20 Mar 2020 04:23
Last Modified: 20 Mar 2021 02:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item