PENGARUH TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, MEMAHAMI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA DI KELAS IV SD SWASTA ANASTASIA T.A 2018/2019

WARUWU, SINIADA, 1505030170 (2019) PENGARUH TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, MEMAHAMI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA DI KELAS IV SD SWASTA ANASTASIA T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (367kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (266kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (483kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (163kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa dan pengaruh Teknik 3M (Mengamati, Meniru, Memahami) terhadap kemampuan menulis teks berita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta Anastasia 13 Juni 2019.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Anastasia yang berjumlah 25 siswa.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan analisis data yang digunakan adalah uji independen antara dua faktor. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis Kemampuan Menulis Teks Berita diperoleh nilai rata-rata 2,95 untuk kemampuan 3M yang tidak memilki Pengaruh diperoleh nilai rata-rata 3,25 dan ada pengaruh yang signifikan 3Mterhadap kemapuan Menulis Tesk Berita di kelas IV SD Swasta AnastasiaT.A 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: 3M Technique (Observing, Copying, Understanding), Ability Writing News Text
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 410 Linguistics > 415 Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 20 Mar 2020 04:30
Last Modified: 18 Mar 2021 02:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item