PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SWASTA SUNGAI KEHIDUPAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SITOMPUL, RIANTI EKA PASTI, 1505030212 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SWASTA SUNGAI KEHIDUPAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (596kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (473kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (722kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (751kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan media benda konkret dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Swasta Sungai Kehidupan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Swasta Sungai Kehidupan sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 44 orang dan sebagai sampel yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 orang dan IV-B sebagai kelas control sebanyak 22 orang. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian adalah pilihan berganda sebanyak 10 soal yang telah di validasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan taraf signifikan∝ =5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan hasil data dan pembahasan di peroleh rata-rata Perbandingan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata 83,17, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 69,4. Dan Peerbandingan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA lebih baik dari pada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. di kelas IV SD Swasta Sungai Kehidupan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media concrete objects and Learning IPA
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 20 Mar 2020 04:34
Last Modified: 23 Mar 2021 04:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item