KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME DENGAN PRISMA DAN LIMAS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP SANTO PAULUS MARTUBUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SIMANGUNSONG, AMRI, 1305010036 (2017) KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME DENGAN PRISMA DAN LIMAS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP SANTO PAULUS MARTUBUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (784kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa menghitung luas permukaan dan volume prisma dan limas dengan pembelajaran berbasis masalah daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelasVIII SMP Santo Paulus Martubung sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 156 orang dan sebagai sampel yaitu kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen sebanyak 39 orang dan VIIIII sebagai kelas control sebanyak 38 orang diperoleh dengan cara teknik sampel acak klaster. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 4 soal yang telah di validasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan taraf signifikan∝ = 5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pembahasan di peroleh rata-rata kemampuan siswa menghitung luas permukaan dan volume dengan prisma dan limas dengan pembelajaran berbasis masalah adalah 71.15, rata-rata kemampuan siswa menghitung luas permukaan dan volume dengan prisma dan limas dengan pembelajaran konvensional adalah 61.10 dan kemampuan siswa menghitung luas permukaan dan volume prisma dan limas dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMP Santo Paulus Martubung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning,The Area and Volume, Prisma and Limas
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.PdNIDN.0121048704UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PEND.MATEMATIKA FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 26 Mar 2020 04:23
Last Modified: 15 Jul 2020 16:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item