KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI APLIKASI ATURAN KOSINUS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X IPA SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

WARUWU, MENERIMA, 1305010037 (2017) KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI APLIKASI ATURAN KOSINUS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X IPA SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (780kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan siswa pada materi aplikasi aturan kosinus dengan pembelajaran berbasis masalah, (2) kemampuan siswa pada materi aplikasi aturan kosinus dengan pembelajaran konvensional, (3) mana lebih baik kemampuan siswa pada materi aplikasi kosinus dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 15 Medan 265 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling (cluster random sampling). Banyak anggota sampel pada penelitian adalah 88 siswa kelas X IPA 3 dan X IPA 5. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 4 soal yang telah divalidasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan taraf signifikan ∝=5 dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis penelitian yang dilaksanakan di Kelas X IPA SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 pada materi aplikasi aplikasi aturan kosinus dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dengan pembelajaran berbasis masalah diperoleh nilai rata-rata 71,16, kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 58,68, dan kemampuan siswa pada materi aplikasi aturan kosinus dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem-based Learning, Ability, Application of Cosinus Rules
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Tutiarny Naibaho, M.PdNIP.196803061992032003UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PEND.MATEMATIKA FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 26 Mar 2020 04:45
Last Modified: 14 Apr 2020 08:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item