KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR YANG BERKAITAN DENGAN TEOREMA PHYTAGORAS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SIRINGORINGO, ENRAN, 1405010089 (2017) KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR YANG BERKAITAN DENGAN TEOREMA PHYTAGORAS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (758kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (896kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa pada materi pemecahan masalah bangun datar yang berkaitan dengan teorema phytagoras dengan pembelajaran berbasis masalah daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan sebanyak 12 kelasDengan jumlah siswa 384 orang dan sebagai sampel yaitu kelas VIII-F dengan pembelajaran konvensional sebanyak 32 orang sebagai kelas control dan kelas VIII-H dengan pembelajaran berbasis masalah sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dan instrument penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 3 soal. Pengujian hypothesis menggunakan uji statistik tdenga taraf signifikan α= 5% dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas Data dan homogenitas Varians. Berdasarkan Hasil Penelitian, Kemampuan siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar Yang Berkaitan Dengan Teorema Phytagoras Dikelas VIII SMP Negeri 10 Medan Dengan Pembelajaran konvensional Diperoleh nilai Rata-rata 52,80. Dimana nilai Tersebut Masih Kategori rendah, Sedangkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Bagun Datar Yang berkaitan Dengan Teorema Phytagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan Dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Meningkat Menjadi 64,90. Hal tersebut berarti Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa, Khususnya di Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Ability, Problem Based Learning, Conventional Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Tutiarny Naibaho, M.PdNIP.196803061992032003UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Heryanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PEND.MATEMATIKA FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 26 Mar 2020 04:54
Last Modified: 14 Apr 2020 08:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item