KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG VOLUME PADA BANGUN RUANG BALOK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SEMBIRING, DENDRO LASMANA, 1405010103 (2017) KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG VOLUME PADA BANGUN RUANG BALOK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (259kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menentukan volume pada ruang balok dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Medan dengan populasi siswa kelas X sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan cara quasi eksperimen sehingga diperoleh jumlah sampel 64 orang yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak tiga soal yang telah divalidasi oleh validator. Pengambilan sampel pada penelitian yaitu kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan kelas control dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat simpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menghitung volune pada bangun ruang balok dengan pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata 67,14 , kemampuan siswa dalam menghitung volume pada bangun ruang balok dengan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 49,32 dan kemampuan siswa dalam menghitung volume pada bangun ruang balok dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability, Problem-based Learning, Conventional Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Tutiarny Naibaho, M.PdNIP.196803061992032003UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Wajib Pandia, M.SiNIP.196212311991021001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PEND.MATEMATIKA FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 30 Mar 2020 03:05
Last Modified: 14 Apr 2020 08:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item