UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 040570 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017

GINTING, MITRA ELYAS, 1305030022 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 040570 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (331kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (695kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Penjumlahan Bilangan Bulat di kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040570 Tigabinanga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga yang berjumlah 32 orang dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Metode Drill untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penjumlahan Bilangan Bulat. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes essay. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I yang dilaksanakan tanggal 4 Maret 2017 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2017. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 59,6% dengan kategori cukup, sedangkan pada aktivitas siswa 64 dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu sesuai KKM yang ditetapkan yaitu 60, siswa yang tuntas 20 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 12 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 62,5% dan yang tidak tuntas 37,5%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 59. Hasil belajar siswa siklus I belum maksimal, dengan demikian maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 73,3% dengan kategori baik, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu 82 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar secara individu siswa yang tuntas 28 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 4 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 87,5% dan yang tidak tuntas 12,5%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 65,70. Dengan demikian dari hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Metode Drill pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Bilangan Bulat di Kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Drill Method, Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Tutiarny Naibaho, M.PdNIP.196803061992032003UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H.Harahap, M.PdNIDN.0114078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 30 Mar 2020 03:59
Last Modified: 14 Apr 2020 08:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item