MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 101843 BANDAR BARU TAHUN AJARAN 2016/2017

SIRAIT, ITIN SULASTRI, 1405030588 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 101843 BANDAR BARU TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (867kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD Negeri 101843 Bandar Baru Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 101843 Bandar Baru, dengan subjek pebelitian siswa kelas IV berjumlah 26 orang dan objek penelitian ini penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan Materi Sumber daya Alam. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi siswa dan tes Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 59,2% sedangkan siswa 68 dengan kategori cukup. Hasil pembelajaran aktivitas guru pada siklus II 71,3% sedangkan aktivitas siswa memperoleh 80 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil belajar tes pada siklus I, dari 26 siswa terdapat 17 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 65,38%, sedangkan yang tidak tuntas 9 siswa dengan persentase 34,62%, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 64,23. Hasil belajar siklus I belum maksimal, maka dilanjut ke siklus II. Dari 26 siswa terdapat 21 siswa yang tuntas belajarnya dengan persentase 88,46%, sedangkan yang belum tuntas belajarnya ada 3 siswa dengan persentase 11,54%, maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 75,76. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooeratif tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA denganmateri Sumber daya alam pada kelas IV di SD Negeri 101843 Bandar Baru Tahun Ajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Cooperative Learning Jigsaw
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorJuniko Esra Tarigan, M.PdNIDN.0127108307UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 30 Mar 2020 04:09
Last Modified: 14 Apr 2020 09:00
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item