UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODELCOOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI 028288 BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017

BARUS, JEANS SACHLAR, 1305030098 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODELCOOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI 028288 BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (797kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (149kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 105 306 Keriahen Tani, yang merupakan subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 20 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif STAD on Subjek Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), subjek kejadian alam di sub subyek gempa bumi di Indonesia, letusan gunung berapi, banjir dan tanah longsor pada alat pengumpulan data kelas lima adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda yang dibatasi kadar kongnitif C1. Dan C2. Analisis data yang digunakan adalah hasil pembelajaran individual, kelengkapan klasik, dan rata-rata hasil belajar. Dari hasil analisis data yang diperoleh dengan pengamatan pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru meningkat sebesar 32,5% dari 60% pada siklus I menjadi 79,5% pada siklus II, aktivitas siswa meningkat 33,33% dari 60 menjadi 80, ketelitian dari Individu mencapai nilai KKM adalah 65, meningkat secara klasik 30,76% dari 65% menjadi 85% selesai, dan nilai rata-rata meningkat 22,24% dari 64 menjadi 78,5. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD pada materi alam kejadian di Indonesia di kelas V SD Negeri 105 306 Keriahen Pancur Kecamatan Batu Tani Tahun 2015/2016 telah dikategorikan baik, dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Type STAD
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011988012001UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Hartono Sembiring, M.PdNIP.19570619199003001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 30 Mar 2020 04:20
Last Modified: 14 Apr 2020 09:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item