UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 040570 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017

TARIGAN, RASMAITA, 1305030112 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 040570 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (756kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran IPA pada materi Energi di kelas III SD Negeri 040570 Tigabinanga, Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040570 Tigabinanga tahun ajaran 2015/2016 di kelas III semester II yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60% (cukup) dan pada siklus II yaitu 71,4% (baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 68 (cukup) dan pada siklus II yaitu 80 (baik). Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu hanya 15 orang yang tuntas atau 60% dan belum tuntas secara klasikal dan pada siklus II yaitu 22 orang tuntas atau 88% dan telah tuntas secara klasikal. Hasil rata-rata pada siklus I yaitu 62,35 dan pada siklus II yaitu 70,08. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran IPA pada materi Energi di kelas III SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model of Numbered Head Together, Natural Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorRinci Simbolon, S.Pd., M.PdNIDN.0121118703UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 30 Mar 2020 05:00
Last Modified: 14 Apr 2020 09:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item