MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DI KELAS IV SD SWASTA PARULIAN I MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SIMANJUNTAK, SUWARNI GRACE CRYSTAL, 1305030622 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DI KELAS IV SD SWASTA PARULIAN I MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (616kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (214kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan pembelajaran Metode Simulasi dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Swasta Parulian 1 Medan. Masalah dalam penelitian ini yang ditemukan adalah: (1) metode pembelajaran yang kurang bervariasi, (2) rendahnya hasil belajar IPS siswa dalam mata pelajaran IPS, (3) metode pembelajaran yang digunakan guru masih belum tepat, (4) siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Subjek Dalam Penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Swasta Parulian 1 Medan yang berjumlah 26 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Metode Simulasi.Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar observasi, dan tes hasil belajar siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pada siklus I ,dari 26 siswa terdapat 12 (46.16%) orang siswa yang hasil belajarnya sangat rendah, 14 (53.84%) orang siswa yang hasil belajarnya sangat tinggi Pada tindakan siklus II hasil belajar meningkat lebih baik dibandingkan siklus I, dari 26 siswa terdapat 3 (11.54%) orang siswa yang hasil belajarnya sangat rendah, 23 (88.46 %) orang siswa yang hasil belajarnya sangat tinggi. Dan didalam Observasi Aktifitas Guru di Siklus I yaitu 52.5% dikatakan kategori Cukup, Pada tindakan siklus II hasil Observasi Aktifitas Guru meningkat lebih baik dibandingkan siklus I dari Siklus II yaitu 80.7% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Metode Simulasi pada mata pelajaran IPS materi Membaca Peta Bahan Baku di kelas IV telah berkategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Simulation Learning Methods
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Datten, M.PdNIP.196611291992032001UNSPECIFIED
Thesis advisorGemala Widiyarti, M.PdNIP.UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 02:08
Last Modified: 14 Apr 2020 09:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item