UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 060855 MEDAN PERJUANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PRATIWI, POPPY, 1305030194 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 060855 MEDAN PERJUANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (842kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan Model Pembelajaran NHT dan meningkatkan hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri 060855 Medan Perjuangan yang jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 07 dan 28Februari 2017. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan model NHT pada mata pelajaran IPS pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam di kelas IV. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan selama 2 siklus dengan waktu yang sama, yaitu 2×35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata dari 30 siswa mencapai 63,66 dan jumlah siswa yang tuntas sesuai KKM berjumlah 20 orang atau 66,66% sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 10 orang atau 33,33%. Karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas maka dilanjutkan kesiklus selanjutnya. Kemudian pada siklus II dari jumlah 30 siswa diperoleh siswa yang tuntas sesuai KKM berjumlah 26 orang atau 86,66% sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 4 orang atau 13,33% dengan nilai rata-rata 88,56. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran NHT pada mata pelajaran IPS pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam telah mencapai kategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat, dari rata-rata siklus I yaitu 63,66 meningkat ke rata-rata dengan nilai siklus II mencapai 88,56 dan persentase meningkat sebesar 24,9.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Exercise Methods (NHT)
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorR.I.Holmes Parhusip, S.Pd.,M.PdNIDN.0128098002UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 02:16
Last Modified: 14 Apr 2020 09:11
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item