MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064033 T.A 2016/2017

TOBING, VERAWATI LUMBAN, 1405030434 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064033 T.A 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (602kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (205kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran danhasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajan Talking Stick pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya di Kelas IV SD Negeri 064033 Medan T.A 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 064033 Medan, dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 24 orang yang terdiri dari laki-laki 16 orang dan perempuan 8 orang. Objek penelitian ini penggunaan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar observasi siswa dantes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh Hasil Pelaksanaan Pembelajaran Aktivitas Guru meningkat, siklus I dengan nilai 58.6% menjadi 74.1% di siklus II. Aktivitas Siswa meningkat, siklus I dengan nilai 64 menjadi 84 di siklus II.Ketuntasan individual telah mencapai KKM yaitu 70, ketuntasan klasikal meningkat siklus I 75% menjadi 87.50% di siklus II.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya di kelas IV SD Negeri 064033 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick Learning Model, IPA
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 02:22
Last Modified: 14 Apr 2020 09:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item