MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS V SD BUDI MURNI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

SIHOMBING, NOVALINA, 1405030577 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS V SD BUDI MURNI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.PDF
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (515kB)
[img] Text
BAB I.PDF
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (631kB)
[img] Text
BAB II.PDF
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.PDF
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (341kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Budi Murni 7 Medan tahun ajaran 2016/2017. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Budi Murni 7 Jl. Durung No. 178 Medan Tembung pada tanggal 06 dan 11 Februari 2017. Sebagai subjeknya adalah siswa kelas V SD Budi Murni 7 Jl. Durung No. 178 Medan Tembung Tahun Ajaran 2016/2017, dan Objeknya adalah Penggunaan model Student Facilitator and Explaining pada pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Cahaya. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data meliputi kriteria pelaksanaan guru dan siswa, ketuntasan individual, ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil siklus I, hasil observasi aktivitas guru 60 dengan kategori cukup dan aktivitas siswa 68 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu sesuai dengan KKM yang ditetapkan disekolah tersebut yaitu 70, siswa yang tuntas ada 23 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 10 orang. ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang tuntas 69,7%, yang tidak tuntas 30,3%, rata- rata hasil belajar siswa 71,29. Hasil belajar siswa pada siklus I belum maksimal, dengan demikian maka dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Dari hasil penelitian siklus II maka diperoleh, hasil observasi aktivitas guru 76 dengan kategori baik dan aktivitas siswa 80 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu siswa yang tuntas ada 29 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 4 orang. ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang tuntas 87,8%, yang tidak tuntas 12,2%, rata- rata hasil belajar siswa 77,93. Dengan demikian dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Budi Murni 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 berkategori baik dan dapat mengingkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, IPA and Model of Study in Student Facilitator and Explaining
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorIrwansyah, S.Pd., M.PdNIDN.0115098701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 03:42
Last Modified: 14 Apr 2020 09:18
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item