UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDN INPRES 064022 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

SIREGAR, IKA DESWITA, 1305030127 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDN INPRES 064022 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (828kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran snowball throwing pada materi perkembangan teknologi komunikasi dan untuk mengetahui apakah penggunaan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inpres 064022 Simalingkar B Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 26 orang siswa, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas IV SDN Inpres 064022 Simalingkar B Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Waktu penelitian dilaksanakan dari tanggal 11-19 Januari 2017. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada siklus I mencapai 59,19% dan aktivitas siswa 68 dengan kategori cukup. Pada siklus II pelaksanaan aktivitas guru meningkat menjadi 75% dan aktivitas siswa 80 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I diperoleh 76,92% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,46%. Sedangkan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I dari 26 orang siswa sebesar 64,58% meningkat pada siklus II menjadi 73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesiadi elas IV SDN Inpres 064022 Simalingkar B Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model snowball throwing dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Result, Snowball Throwing
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorTina Sheba Cornelia, M.PdNIDN.0120058705UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 03:48
Last Modified: 14 Apr 2020 09:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item