MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 101823 BEKALA TAHUN AJARAN 2016/2017

SARAGIH, RIKA ADELINA BR, 1405030590 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 101823 BEKALA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (222kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian tindakan dengan rencana yang telah disusun untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tindakan dapat menghasilkan perubahan yang sesuai dengan yang dikehendaki. Observasi siswa dilaksanakan pada proses belajar mengajar, peneliti mengamati tingkah laku siswa dan peneliti yang melaksanakan tindakan dalam proses belajar mengajar. Instrumen yang digunakan adalah test uraian dan lembar observasi. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101823 Bekala . penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas V. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 101823 Bekala . Subjek penelitian di kelas V SD Negeri 101823 Bekala Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang. dan sebagai objek penelitian ini menggunakan metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Gaya Magnet di SD Negeri 101823 Bekala. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Eksperimen pada pokok bahasan Gaya Magnet berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari hasil observasi guru dan aktivitas siswa, dengan rincian observasi guru siklus I yaitu 63,5 % yang berkategori cukup ke siklus II yaitu 76 % berkategori baik dan observasi siswa pada siklus I yaitu 62% yang berkategori cukup dan siklus II yaitu 74% berkategori baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Eksperimen pada pokok bahasan Gaya Magnet sudah meningkat. Dari 25 siswa 22 orang telah tuntas dengan nilai rata-rata 78,46. Dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 65,58 ke siklus II yaitu 78,46. Simpulan dari uraian bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran Eksperimen dengan pokok bahasan Gaya Magnet dikelas V SD Negeri 101823 Bekala Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Experimental Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.PdNIDN.0112078003UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 03:51
Last Modified: 14 Apr 2020 09:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item